Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

SEPUTAR REFORMASI
                A.    ARTI REFORMASI

Reformasi merupakan suatu perubahan yang merubah cara-cara kehidupan lama dengan kehidupan baru menuju ke arah perbaikan. Gerakan reformasi yang terjadi di Indonesia pada tahun 1998 merupakan suatu gerakan untuk mengadakan pembaharuan dan prubahan terutama perbaikan dalam bldang politik, sosial, ekonomi, hukum, dan pendidikan.

Melihat situasi politik dan kondisi ekonomi yang semakin tidak terkendali, Rakyat Indonesia menjadi semakin kritis, bahwa Indonesia di bawah pemerintahan Orde Baru tidak berhasil menciptakan negara yang makmur, adil, dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Atas kesadaran itu, rakyat secara bersama-sama dengan dipelopori oleh mahasiswa dan para cendekiawan mengadakan suatu gerakan yang dikenal dengan nama Gerakan Reformasi.

Tujuan gerakan reformasi secara umum adalah memperbarui tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam bidang ekonomi, politik, hukum, dan sosial agar sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. Secara khusus, tujuan gerakan reformasi, antara lain:

a.    Reformasi politik bertujuan tercapainya demokratisasi.
b.    Reformasi ekonomi bertujuan meningkatkan tercapainya masyarakat.
c.    Reformasi hukum bertujuan tercapainya 
keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

B. DAMPAK POSITIF

a.   Kebebasan Menyuarakan Pendapat
            Pertama, masyarakat yang sebelum era reformasi dikekang kebebasannya dalam menyampaikan aspirasi apalagi mengkritik pemerintahan, kini dapat menyampaikan aspirasi dan kritiknya tersebut secara bebas. Tetapi, dalam pelaksanannya tidak boleh sembarangan, ada hokum yang membatasi.
b.   Derajat Bangsa Indonesia di Mata Dunia Terangkat
            Era Orde Baru telah memberi luka dalam bagi masyarakat Indonesia, karena kurang demokratisnya pelaksanaan sendi-sendi pemerintahan. Namun, Reformasi menjanjikan pelaksanaan kehidupan yang demokratis dalam segala bidang. Sehingga, keadilan ditegakkan dan berlaku bagi semua kalangan.
c.   Indonesia Terbuka terhadap Dunia Internasional
            Refoormasi membuat Indonesia lebih membuka dirinya terhadap persaingan global, kerjasama internasional terjalin erat, sehingga mobilitas terhadap berbagai bidang semakin berkembang.

C. DAMPAK NEGATIF

a.   Iklim Politik Kacau
            Iklim politik di Indonesiadigambarkan sangat semrawut karena banyak yang menyalahartikan makna demokrasi.
b.  Kebebasan Semakin Tidak Beretika 
            Kebebasan menyuarakan aspirasi pemerintah saat Orde Baru dibungkam. Bahkan, media-media nasional dan swasta yang mengkritik kebijakan pemerintah atau yang mempublikasikan tentang keburukan pemerintah tidak segan-segan ditutup oleh pemerintah. Ironisnya, hingga diwarnai aksi penculikan dan pembunuhan terhadap orang yang berani oposisi terhadap pemerintah. Namun, reformasi membawa kehidupan masyarakat semakin lebih bebas, tidak beretika.
c.   Demonstrasi yang Seharusnya Sebagai Sarana Penyampaian Aspirasi , Justru Mengganggu Masyarakat
d.   Meningkatnya Kerusuhan
            Ditemuinya banyak aksi kerusuhan disebabkan karena pemerintahan pasca reformasi masih belum mampu melaksanakan undang-undang sebagaimana mestinyasehingga belum dapat mengangkat kehidupan bangsa dalam berbagai aspek.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar