Diberdayakan oleh Blogger.
RSS


     HAKKO I CHIU


Setelah Restorasi Meiji, jepang berkembang menjadi negara modern yang dapat disejajarkan dengan negara-negara Barat. Jepang berkembang menjadi negara industri. Kemajuan industri itu menyebabkan Jepang menjadi negara imperialis dan fasis. Paham yang dianut adalah Hakko I Chiu. Perkembangan Jepang tersebut berdampak pada kebijakan-kebijakan Jepang yang lain. Misalnya, pada haluan politik Jepang yang sebelumnya menutup diri dari pengaruh asing menjadi membuka diri, bahkan berubah menjadi bangsa imperalis.
Pelopor fasisme di Jepang adalah Perdana Mentri Tanaka, dan selanjutnya dikembangkan oleh Perdana Mentri Hideki Tojo. Pada saat berkuasa Kaisar Hirohito melakukan beberapa hal untuk memperkuat kedudukan Jepang sebagai negara fasis, yaitu sebagai berikut.

a.       Mengagungkan semangat bushido.
b.       Memodernisasi angkatan perang.
c.       Menyingkirakan tokoh-tokoh politik yang antimiliter.
d.       Melakukan perluasan wilayah ke negara-negara terdekar (Korea, Manchuria, dan Cina).
e.     Mengenalkan ajaran Shinto, yaitu Hokko I Chiu yang memiliki dunia sebagai satu keluarga yang dipimpin oleh jepang.

Berdasarkan kebijakan imperialis Hakko Ichiu, Jepang bermaksud menjadikan Asia sebagai kesatuan wilayah dibawah pimpinannya. Sebagai negri yang berada di kawasan Asia, Indonesia turut menjadi incaran pendudukan Jepang. Untuk mencapai tujuan tersebut Jepang membangun perasaan persaudaraan Asia. Di Indonesia, Jepang menyebut dirinya sebagai saudara tua, serta mempropagandakan Perang Pasifik sebagai Perang Asia Timur Raya. Mereka juga mempropagandakan Gerakan Tiga A yaitu Jepang Cahaya Asia, Jepang Pelindung Asia, dan Jepang Pemimpin Asia.
Jepang yang berkembang sebagai negara industri, sangat membutuhkan bahan mentah untuk industrinya. Dengan kekayaan sumber alamnya, Indonesia mampu memenuhi kebutuhan Jepang tersebut. Di samping itu, sentimen terhadap imperialisme Barat di kawasan Asia turut mendorong Jepang untuk segera menduduki Indonesia yang dikuasai Belanda. Setelah menguasai Indonesia, Jepang bermaksud membendung pengaruh imperialisme Barat di Asia.




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar